Connect with us

Tech

10 Blog Terpopuler dan Berpendapatan Tertinggi di Dunia

sweater-rajut-pria

Blog kini sudah tidak asing lagi bagi netizen, mulai dari anak sekolahan hingga emak-emak gaul pun sudah terbiasa mendengar bahkan memiliki blog pribadi.

Awalnya blog bagi sebagian orang untuk keperluan pengganti buku diary, namun kemudian berubah haluan menjadi lahan usaha yang mendatangkan rezeki bagi kebanyakan blogger di dunia. Bukan hanya sekedar berbagi informasi lagi namun menjadi sesuatu yang wajar, blog saat ini menjadi mata pencaharian era modern yang sangat menggiurkan.

Berbeda dengan website, blog lebih minim biaya dalam pengelolaannya dengan adanya blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com, meskipun apabila menginginkan blog profesional harus mengeluarkan kocek lebih.

Terlepas dari hal itu, sejak blog mulai populer di awal era 2000-an, sudah banyak para blogger dunia yang dengan cekatan memanfaatkan blog sebagai lahan pekerjaan profesional dan meraup keuntungan fantastis.

Layaknya sebuah televisi, radio dan koran, sebuah blog dan website memperoleh penghasilan dari beragam jenis iklan, dan salah satu yang paling populer adalah google adsense. Tak hanya itu, saat ini ketika blog sudah populer banyak blogger memberikan tempat banner iklan di blog dan website miliknya dengan penawaran disesuaikan yang dapat meraup penghasilan jauh lebih besar. Adapula yang menjadikan blog nya sebagai jasa review produk, yang tentu saja dibayar sesuai kualitas dan hasil review.

Maka tak heran, blog modern ini dimanfaatkan dengan beragam tujuan, dalam praktiknya kadang berhasil, namun juga tidak sedikit yang tumbang karena kurang ulet dan hanya semangat diawal saja.

Sehingga siapa paling ulet dan terus bertahan mengembangkan blognya dari segi konten, desain hingga kemudahan akses dan seo dialah yang sukses meraih keuntungan fantastis dan kepopuleran.

Namun jangan salah, apa yang mereka peroleh saat ini hingga menjadi blogger profesional dan begitu populer hingga memberikan peluang kerja bagi orang lain bukanlah hal mudah. Banyak tahapan dan proses yang harus dilalui, seperti nasehat bijak mengatakan bahwa, jangan melihat orang lain ketika sukses, namun pelajari proses suksesnya.

Dari sekian banyak blog di dunia yang saat ini masih aktif, berikut adalah 10 blog terpopuler dan meraih keuntungan fantastis serta memberikan inspirasi bagi kebanyakan blogger dunia.

1. Huffingtonpost

halaman depan huffingtonpost.com

halaman depan huffingtonpost.com

The Huffington Post biasa disingkat Huff Post adalah sebuah situs web berita, agregator konten, dan blog yang didirikan oleh Arianna Huffington, Kenneth Lerer, Andrew Breitbart, dan Jonah Peretti, yang menampilkan berbagai kolumnis dan sumber berita yang dirilis pada tanggal 9 Mei 2005, tahun yang sama dengan pendirian Mashable dan Techcrunch.

Situs ini menyajikan berita, blog, dan konten asli, serta mengulas beragam informasi mulai dari politik, bisnis, hiburan, lingkungan, teknologi, media populer, gaya hidup, budaya, komedi, hidup sehat, kewanitaan, hingga berita lokal.

Pada tanggal 7 Februari 2011, AOL mengakuisisi Huffington Post senilai US$315 juta dan menjadikan Arianna Huffington kepala editor The Huffington Post Media Group. Karena keistimewaannya sebagai media berita dan blog konten asli, di tahun 2012, The Huffington Post menjadi perusahaan media digital swasta Amerika Serikat pertama yang memenangkan Hadiah Pulitzer.

Ranking alexa untuk Huffingtonpost April 2016 ini berada di posisi 138 untuk dunia dan ranking 38 di Amerika. Pengunjung uniknya diperkirakan mencapai 110.000.000 setiap bulannya.

2. Mashable

Halaman depan Mashable.com

Halaman depan Mashable.com

Bagi yang sering membaca artikel informasi melalui aplikasi android flipboard ataupun newsstand, nama Mashable mungkin tidak asing lagi. Mashable menjadi salah satu penyedia artikel yang disandang kedua aplikasi kumpulan berita terdepan tersebut.

Pete Cashmore adalah CEO dan pendiri Mashable yang sangat terkenal di dunia blog. Mashable sendiri isinya mencakup beragam jenis informasi dari bidang teknologi dan bisnis hingga media sosial, hiburan dan gaya hidup.

Mashable didirikan di kamar tidur Pete Cashmore di Skotlandia ketika dia berusia 19 tahun tepatnya Juli 2005. Sejarah pun mencatat Cashmore disebut-sebut sebagai blogger termuda sekaligus hampir terkaya di dunia.

Mashable adalah blog terbesar yang menjadi pemenang penghargaan sebagai situs independen. Mashable bisa dibilang blog paling berpengaruh, paling sering dibaca dan populer dalam bidang digital, media sosial, serta sumber daya teknologi dan berita. Situs ini menghubungkan antar generasi sesuai dengan slogannya “Mashable is the leading media company for the Connected Generation and the voice of digital culture.”

Hingga 2016 ini, Mashable memiliki channel khusus disesuaikan pengunjungnya mulai dari Mashable Asia, Australia, Prancis, India dan UK. Mashable menempati ranking ke-339 di dunia berdasarkan alex rank dan diperkirakan memiliki sekitar 24.000.000 user unik setiap bulannya.

Penghasilan Pete Cashmore sebagai CEO dan Founder dari Mashable setiap bulannya sekitar $560,000 – $600,000.

3. Techcrunch

Halaman depan Techcrunch.com

Halaman depan Techcrunch.com

Sama seperti Mashable, Techcrunch merupakan salah satu situs yang banyak dari atikelnya ditampilkan secara uptodate lewat aplikasi flipboard dan newsstand. Hanya saja tipe artikel informatif yang bisa kita nikmati ini lebih mengedepankan berita dan analisis teknologi.

Situs ini didirikan oleh Michael Arrington pada tahun 2005. Tanggal 28 September 2010, di konferensi TechCrunch Disrupt San Francisco, AOL mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi TechCrunch. Transaksinya dikabarkan berkisar antara $25 juta dan $40 juta.

Pendiri Michael Arrington telah menciptakan citra “one stop destination for tech news.” Arrington telah terkenal dikenal sebagai “nabi Silicon Valley.” Dia telah menjadi kepribadian yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi.

Peringkat alexa untuk Techcrunch April 2016 berada diposisi 644 dunia, dengan perkiraan pengunjung unik setiap bulannya mencapai 15.000.000.

Penghasilan Arrington saat masih sebagai CEO, mencapai $500,000 – $800,000 setiap bulannya.

sweater-rajut-pria

4. Lifehacker dan Gizmodo

Halaman depan Lifehack.org

Halaman depan Lifehack.org

Lifehacker adalah weblog tentang hack dan software yang diluncurkan pada tanggal 31 Januari 2005. Situs ini dimiliki oleh Gawker Media. Posting blog mencakup berbagai topik termasuk, Microsoft Windows, Mac, program Linux, iOS dan Android, serta tips kehidupan umum dan trik.

Update situs ini sekitar 18 kali setiap hari kerja, dengan jumlah update berkurang pada akhir pekan. Moto Lifehacker adalah “Tips and downloads to help you at work and play.”

Lifehacker didirikan oleh Gina Trapani, sekaligus sebagai wanita kedua paling aktif sebgai blogger produktif dengan pendapatan tertinggi selain Arianna Hufington.

Trapani tidak hanya sebagai CEO dan pendiri blog populer Lifehacker, namun juga sangat aktif dalam komunitas media sosial. Baru-baru ini dia telah menjadi bagian dari blog populer lainnya yaitu Gawker Blog Empire dan Gizmodo.

Namun demikian Trapani lebih fokus pada Lifehacker untuk menemukan cara melakukan hal-hal yang lebih baik, dan meningkatkan cara di mana seseorang hidup lebih baik. Lifehacker mendorong pengikutnya untuk berbagi tips dan ide-ide baru untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah. Tidak heran blog ini begitu populer.

Peringkat Alexa Lifehacker per April 2016 ini berada diposisi 441, sedangkan Gizmodo berada diurutan lebih atas diposisi 351 dengan lebih dari 23.000.000 visitor unik setiap bulannya. Sebagai pendiri dari Lifehacker, Gina Trapani memperoleh pendapatan setiap bulan sekitar $ 110.000.

5. TMZ

TMZ didirikan oleh Harvey Levin yang juga seorang pengacara Amerika, analis hukum, blogger, dan reporter selebriti. Situsnya TMZ adalah blog terkemuka tentang gosip selebriti.

Harvey sering muncul sebagai presenter acara di channel TV nya sendiri atau muncul sebagai tamu berkaitan tentang selebriti di CNN, FOX, dan jaringan lainnya. Ia berhasil memanfaatkan popularitas blog untuk membangun merek pribadi untuk dirinya sendiri.

TMZ memulai debutnya pada 8 November, 2005. Nama TMZ merupakan singkatan dari “thirty-mile zone”, atau dikenal sebagai “zona studio” dalam 30 mil (50 km) radius berpusat di persimpangan Barat Beverly Boulevard dan Utara La Cienega Boulevard, Los Angeles, California.

TMZ bisa dibilang bagi orang Indonesia sebaiknya harus banyak di filter, karena isinya banyak mengandung hal-hal dewasa seperti pada foto yang ditampilkan. Hal ini juga yang membuat TMZ mendapat respon kritik kurang baik dibeberapa negara untuk diblokir dan tidak bisa dikunjungi.

April 2016, ranking alexa TMZ berada diposisi 693 di dunia, dengan estimasi pengunjung unik perbulannya mencapai sekitar 20.000.000.

6. Engadget

Halaman depan Endgadget.com

Halaman depan Endgadget.com

Engadget adalah sebuah jaringan blog teknologi multibahasa dengan cakupan harian gadget dan konsumsi elektronik. Meski Engadget lebih tampak seperti blog dan dapat didefinisikan seperti itu, sebagian besar konten editorialnya justru layaknya sebuah majalah..

Engadged saat ini mengoperasikan sepuluh blog, empat ditulis dalam bahasa Inggris dan enam versi internasional dengan staf editorial independen. Engadget terus menetap di 5 situs teratas pada ‘Technorati Top 100’ dan tercantum di TIME sebagai salah satu blog terbaik tahun 2010.

Engadget didirikan tahun 2004 oleh mantan editor blog dan co-founder Gizmodo, Peter Roja, yang kemudian diakusisi oleh AOL di tahun 2005. Seperti halnya Gizmodo ataupun Mashable, kita dapat melihat update artikel pilihannya melalui aplikasi flipboard maupun newsstand.

Ranking alexa untuk Engadget saat ini menempati posisi 407 di dunia dengan pengunjung unik perbulannya mencapai 14.000.000.

7. Smashing Magazine

Halaman depan Smashingmagazine.com

Halaman depan Smashingmagazine.com

Vitaly Friedman adalah pendiri Smashing Magazine mulai tahun 2006 yang beralamatkan smashingmagazine.com, sebuah blog untuk desainer website.

Smashing Magazine menerbitkan artikel tentang tren terbaru dan praktik terbaik dalam pengembangan web. Topiknya meliputi desain web, desain grafis, dan pengalaman pengguna. konten ini terutama ditargetkan untuk pengembangan desain web dan pengembangan profesional.

Mayoritas pendapatan dari Smashing Magazine dilaporkan Friedman adalah dari iklan banner dan tidak termasuk pendapatan afiliasi. Tak hanya itu Vitaly menjual produk ebook tentang desain web dan sejenisnya. Smashing Magazine adalah blog yang paling populer dan terkenal dalam desain web dan pengembangannya.

Ranking alexa untuk smashingmagazine.com per April 2016 berada di posisi 4.809 di dunia. Pendapatan Vitaly Friedman mencapai sekitar $ 150.000 – $ 190.000 per bulannya.

8. Gothamist

Halaman depan Gothamist.com

Halaman depan Gothamist.com

Gothamist sangat unik karena nama berakhiran “ist” adalah ciri khas dari blog yang memberikan informasi seputar kota atau wilayah tertentu. Gothamist sendiri berfokus pada kota New York yang dirilis tahun 2003. Setelah sukses, di tahun 2014, didirikan blog lain bernama LAist, DCist, Chicagoist, dan SFist di Amerika Serikat, serta Shanghaiist untuk wilayah internasionalnya.

Gothamist didirikan oleh Jake Dobkins dan orang sering menyebut blog Gothamist adalah situs tukang koran. Artikel yang disampaikan sesuai wilayah tertentu layaknya koran yang meliputi genre makanan, peristiwa, dan seni.

Informasi nya pun mencakup seluruh dunia. Jika merencanakan perjalanan ke luar negeri dan ingin tahu tentang masakan di lokasi tertentu, Gothamist adalah tempat yang sering dijadikan panduan bagi wisatwan.

Awalnya Gothamist hanya meliputi kehidupan kota di New York tetapi tahun 2014 telah memperluas jangkauannya ke 13 kota di seluruh dunia termasuk Toronto, London dan Shanghai. Sebelum menjadi penerbit Gothamist, Dobkin bekerja sebagai fotografer perkotaan amatir.

Kini dirinya memperoleh penghasilan fantastis setiap bulannya mencapai sekitar $ 80.000 – $ 110.000. Ranking alexa Gothamist per April 2016 berada diposisi 6.730 di dunia dan 1.533 di Amerika Serikat.

9. VentureBeat

Halaman depan Venturebeat.com

Halaman depan Venturebeat.com

Venturebeat merupakan salah satu dari sepuluh web dan blog terbaik tentang informasi teknologi. Didirikan pada tahun 2006 oleh Matt Marshall, seorang mantan koresponden untuk Wall Street Journal.

VentureBeat sangat informatif yang mencakup berbagai topik, bukan hanya teknologi, namun juga telah mengembangkan jaringan teknologi website khusus. Ruang lingkup VentureBeat meliputi teknologi serta uang, keuangan dan topik investasi. Marshall menyediakan sejumlah besar informasi berharga untuk pembacanya, termasuk tentang teknik bisnis yang berbeda untuk mendapatkan uang dari investasi dan tentang startup.

Ranking alexa Venturebeat saat ini adalah 2.405 di dunia, dan Marshall memperoleh pendapatan sekitar $ 50.000 – $ 100.000 per bulannya.

10. SlashGear

Halaman depan Slashgear.com

Halaman depan Slashgear.com

Satu lagi diurutan buncit yaitu SlashGear. SlashGear merupakan salah satu blog yang menggunakan platform wordpress tersukses yang pernah tercatat. Didirikan oleh Ewdison Then tahun 2005 sebagai bagian dari R3 Media LLC.

Konten dari SlashGear diarahkan terhadap konsumen yang membutuhkan informasi gadget dan teknologi. Dia menempatkan pecinta teknologi berhubungan dengan berita terbaru mengenai semua jenis teknologi dan gadget. Blog-nya konsisten diupdate dan membantu pembaca untuk menjadi yang pertama mendapatkan suatu pegangan dari gadget fantastis atau aplikasi terbaru.

Sebagian besar pendapatan blog ini berasal dari iklan pay per klik. Pendapatan Ewdison perbulannya mencapai sekitar $ 60.000 – $ 80.000. Saat ini ranking alexa dari slashgear.com berada di posisi 9.694 di dunia.

Tambahan:

Selain daftar 10 blog terpopuler di atas, masih banyak blog lainnya yang sangat populer dan tentu saja meraup pendapatan tinggi seperti blog Problogger.com atau Hongkiat.com yang selain membantu para blogger dalam meningkatkan kualitas dan performa blog nya melalui tutorial yang diberikan juga membuka lapangan kerja bagi blogger dunia.

Referensi:
http://www.therichest.com/
http://www.ebizmba.com/
http://www.lifehack.org/
wikipedia.org

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top