Connect with us

10 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

album musik terlaris

Musik

10 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

Musik merupakan salah satu bentuk seni yang mengapresiasikan jiwa seseorang, baik pengarang lagu maupun penyanyinya. Lagu-lagu hits biasanya tidak lekang tergerus zaman, misalnya lagu-lagu dari The Beatles, Michael Jackson, dll. Kepopuleran mereka tak lepas dari para fans yang setia membeli album musik mereka.

Musik juga salah satu media pemersatu suatu bangsa, lihat saja setiap negara pastinya memiliki lagu kebangsaan yang wajib dikumandangkan setiap upacara hari Senin atau hari-hari kebesaran nasional.

Salah satu topik menarik yang mungkin jadi pertanyaan hari ini, album musik apa yang terlaris di pasaran dunia sampai saat ini? Nah, untuk mengetahuinya, 4muda akan mengulasnya khusus untuk pembaca hari ini.

10. Led Zeppelin IV (37 juta kopi)

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar nama Led Zeppelin. Yup, band bergenre hard rock asal Inggris yang tenar sekitar tahun 70an ini mengeluarkan album berjudul Led Zeppelin IV pada 1971, dan menjadikannya salah satu album paling laku keras di dunia sampai saat ini.

Album ke-empat ini dibuat oleh dua pilar Led Zeppelin, yakni Jimmy Page (gitaris) dan Robert Plant (vokalis). Melalui album ini, band asal Inggris ini menjadi terkenal ke seluruh dunia, dan sampai sekarang telah terjual sekitar 37 juta kopi dengan lagu terbaik diantaranya Black dog, Stairway to Heaven dan Rock and Roll.

9. Come On Over (39 juta kopi)

Come on Over diluncurkan sekitar tahun 1997, dinyanyikan oleh Shania Twain. Shania dikenal sebagai penyanyi solo bergenre pop country dengan anugerah suara yang khas, strong chord atau memiliki nada suara yang kuat. Sejak diluncurkannya album ini telah terjual sekitar 39 juta kopi di seluruh dunia, dan hampir setengahnya terjual di Amerika Serikat.

Walupun laku keras di Amerika Serikat, Shania Twain sendiri merupakan warga negara Kanada. Seluruh lagu dalam album ini diciptakan oleh Shania bersama dengan mantan suaminya Robert John “Mutt” Lange. Beberapa single yang hits antara lain: You are Still the One, That don’t Impress Me Much, dan From This Moment On.

8. Rumours (40 juta kopi)

Rumours merupakan nama album sekaligus nama band yang diluncurkan sekitar tahun 1977 di Amerika. Semua lirik dan arasemen dibuat oleh semua anggota band. Namun diantara mereka yang paling menonjol yakni Fleet Wood Mac, penyanyi sekaligus produser Rumours.

Musik yang nge-rock namun lembut di dengar di telinga, merupakan ciri khas lagu-lagu Rumours.

sweater-rajut-pria

Sampai saat ini albumnya telah terjual sekitar 40 juta kopi, single yang hits diantaranya: Don’t Stop, Go Your Way dan Dreams.

7. Saturday Night Fever (40 juta kopi)

Saturday Nigth Fever merupakan album bergenre disko yang dinyanyikan band terkenal Bee Gees dan beberapa penyanyi lainnnya. Perlu diketahui, beberapa single di dalam album ini menjadi soundtrack film Saturday Nigth Fever yang tayang pada 1977, yang dibintangi John Travolta.

Sejak diluncurkannya album ini telah terjual sekitar 40 juta kopi. Beberapa single yang terkenal dan jadi soundtrack diantaranya: A Fifth of Beethoven, How Deep is Your Love, Stayin’ Alive, Boogie Shoes, Night Fever dan If I can’t Have You.

6. The Greatest Hits (42 juta kopi)

Eagles adalah band dibalik larisnya album ini hingga terjual 42 juta kopi hingga saat ini. Bergenre country rock, The Greatest Hits merupakan kompilasi single-single Eagles dalam rentang 1971 sampai 1975, dan rilis pada 1976.

The Greatest Hits adalah salah satu album yang memperoleh penghargan platinum, disusun oleh kolaborasi Glenn Frey (vokalis, gitaris, piano), dan Don Henley (drum, vokalis). Banyak band lain meniru gaya musik mereka, tapi Eagles memiliki pondasi musik yang orisinil. Beberapa single terbaik, diantaranya: Take It Easy, Lyin Eyes dan Desperado.

5. Back Out of Hell (43 juta kopi)

Tidak butuh lama untuk menghasilkan single yang meroket, hanya butuh dua tahun, Meat loaf atau Marvin Lee Aday (vokalis), dengan bantuan Jim Steinman (komposer) dan Todd Rundgren (produser), menciptakan Back Our of Hell yang diterima penikmat musik bergenre hard rock-progresif di seluruh dunia.

Album ini dirilis pada 1977 di Amerika, dan sampai saat ini telah terjual sebanyak 43 juta kopi di seluruh dunia. Single terbaiknya diantaranya: Hot Summer Night, Two Out of Three ain’t Bad, dan Back Out of Hell.

4. The Bodyguard (44 juta kopi)

Bagi yang menghabiskan masa remaja pada tahun 90an, pastinya tahu lagu romantis bergenre pop-R&B, yang dinyanyikan oleh almarhum Whitney Houston ini. Pemilik pita suara kuat ini, berhasil melambungkan The Bodyguard, album sekaligus soundtrack film dengan nama yang sama.

Rilis sekitar pada 1992, The Bodyguard berisi lagu-lagu yang dapat menarik para pendengar masuk ke dalam cerita musik dan filmnya. Single itu diantaranya: I Will Always Love You, I Have Nothing dan I’m Every Woman. Sampai saat ini telah terjual sebanyak 44 juta kopi.

3. The Dark Side of The Moon (45 juta kopi)

The Dark Side of The Moon merupakan album ke delapan dari band rock asal Inggris, Pink Floyd, yang beranggotakan: Nick Mason, Roger Waters, Richard Wright, Syd Barett dan David Gilmour. Sejak dirilis pada 1973, album ini selalu naik tangga musik Billboard selama 14 tahun.

Penjualannya sampai saat ini telah mencapai 45 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa single hits nya diantaranya: Money dan Us and Them.

2. Back in Black (50 juta kopi)

Back in Black merupakan album ke tujuh dari band rock asal Australia, AC/DC, yang tenar sekitar tahun 70an. Rilis pada 25 juli 1980, sampai saat ini telah terjual 50 juta kopi. Album ini diproduseri oleh Robert John “Mutt” Lange (mantan suami Shania Twain).

Sayangnya, vokalis utama AC/DC, Bon Scott, wafat sebelum masuk dapur rekaman dan ini menaruh duka mendalam pada semua personel. Untungnya karakter suara Brian Johnson, berhasil membawa single-single pada Back in Black melesat tenar. Lagu yang hits, diantaranya Hells Bells, Back in Black dan You Shock Me All Night Long.

1. Thriler (65 juta kopi)

Coba tebak, siapa foto diatas? Sebagian besar dari kita pasti setuju jika Michael Jackson merupakan musisi paling berpengaruh di dunia. Suaranya yang khas, penampilannya yang memukau telah menyihir semua mata dan merayu semua telinga untuk mendengar setiap penggalan lirik yang dinyanyikannya.

Thriller merupakan album ke sepuluh yang dinyanyikan Jackson, dan paling laku keras di pasaran, terjual hampir 65 juta kopi di seluruh dunia. Dari Thriller, Jackson memenangkan delapan penghargaan Grammy. Single yang hits, diantaranya Beat It, Thriller, dan Billie Jean.

Demikian ulasan tentang 10 album musik dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah. Dari kesepuluh album diatas, manakah album musik kesukaanmu?

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_best-selling_albums
https://wikipedia.org

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top